Hakekat Keroncong menurut Om Wawang

Berikut tanya jawab penulis dengan Pakar Keroncong dari Malaysia, Om Wawang.

ADI BANGUN: Hakekat keroncong itu bagaimana sebenarnya
Om ?

Wawang Wijaya: Hakekatnya gampang2 angel…..biasanya
usaha orang itu yg angel digampangin….tapi zaman
sekarang koq yg betulnya gampang malah di-angel2-no!

ADI BANGUN: Wah dalemmm nih filosofinya. Ini menurut
sy ya Om, keroncong itu identik dengan pengendalian
diri. Ini nampak dari ciri iramanya yg tenang dan
lembut. Mungkin bermain keroncong hampir sama dengan
belajar nari, untuk bisa mengendalikan nafsu dan
memoles hati supaya lebih lembut. Masuk nggak Om ?

Wawang Wijaya: Itu termasuk dalam kembangan2 nya!

Wawang Wijaya: Sekarang saya mau tanya….didalam
keroncong siapakah pemain/alat2 musik apa yg paling
penting?

ADI BANGUN: hmmm semuanya penting Om … salah satu
nggak ada sj terasa kurang nikmat

ADI BANGUN: permainan kerjasama ya ?

Wawang Wijaya: Maksud saya Tonggaknya keroncong itu
siapa?

ADI BANGUN: hmmm … flute / biola ? atau ukulele krn
ciri khas nya dari sini ?

Wawang Wijaya: hehe..kalu diurut2 terus lama2 ya betul
juga!

ADI BANGUN: hahaha

ADI BANGUN: jadi ukulele ?
Wawang Wijaya: Jawabannya BASS BETOT!

ADI BANGUN: walah ?!? hahahaha

ADI BANGUN: lha kok bisa ?

Wawang Wijaya: Kalok Nahkoda kapalnya terlalu
mabuk…gimana jalannya kapal….megol2…dan jalannya
ngga lancar.

ADI BANGUN: Tapi memang sih kalau basnya ngacau
semuanya jadi ngacau haha

Wawang Wijaya: cuk dan cak diumpamakan pendayung2 kiri
dan kanan

Wawang Wijaya: nah Bass itu selalu jatuh pada
ketuk1….dan….3…kadang2 1 bar cuma satu note saja
yalan?

Wawang Wijaya: cello ngga pernah mulai kalu bassnya
ngga jalan…..jadi kalu mabuk yg salah tu bassnya
jadi tertuduh utama….

ADI BANGUN: hmmmm iya

ADI BANGUN: hehehe, begitu ya … ini dibukunya Om ada
?

Wawang Wijaya: lalu cuk it ngencrung pada ketuk 2 dan
4….

Wawang Wijaya: jadi dah komplit…tiap2 ketuk ada
musiknya……

Wawang Wijaya: yg cak menimpali cuk……yg cello
menimpal bassi…atau humornya…cello dan cuk itu
jadi badut istana/joker…..

ADI BANGUN: Om yg sekarang lagi kita pelajari itu
model musik keroncong seperti yg di youtubenya sri
widadi itu. Itu betul sesuai pakem nggak ?

ADI BANGUN: Krn sebelum kita improve kan mesti ngerti
dasar atau pakemnya dulu, ya nggak Om ?

Wawang Wijaya: nah perahu ngga lancar kalau ngga ada
airnya yg kayak banyu mili!…itu gitarnya…dari
start sampai abis lagu…terus main saja!

Wawang Wijaya: sampai mo-ek katanya!

ADI BANGUN: wah gitu tho ceritanya …

Wawang Wijaya: ITu Hakiki keroncong…..kalu jentik
dan jempol bisa memegang kriteria ini….walhasil
selamatlah dunia kroncong!

ADI BANGUN: hehehe, begitu ya ? Kita sedang belajar Om
… makanya senang sy bertemu pakarnya hehe

Wawang Wijaya: Tapi tuh disalah satu utube kamu…koq
violinnya mainkan sketch2 dari gitar? hehehehe

ADI BANGUN: Nah itu, violinnya meski sudah sepuh juga
lagi belajar hehe

ADI BANGUN: Harusnya violin dan flute itu saling ngisi
ya ?

Wawang Wijaya: Tugas violin dan flute itu sebagai
pemain intro (FORE PLAY) sebelum masuk lagu…seperti
dalam keroncong Asli…

Wawang Wijaya: kemudian sebagai pengangkat
lagu….termasuk dalam SAMPIRAN….

Wawang Wijaya: dan juga berganding bahu memberikan
ORNAMENT dimasa bar2 yg kelihatan kosong.

Wawang Wijaya: dan terakhir sebagai PENUNTAS ?PENUTUP
LAGU.

Wawang Wijaya: Main kroncong itu kayak sowan kerumah
orang……datang tampak muka….balik tampak
punggung….

Wawang Wijaya: KECUALI KERONCONG MALINGGGG!

ADI BANGUN: hahahaha

Tinggalkan komentar

Filed under Serba-serbi

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s