Ubiet, Keroncong Sisi-sisi

Diambil dari : http://www.kompas.com

Ini bukan grup musik keroncong yang biasa. Bayangkan bila anggotanya adalah Dian HP yang pemusik pop, Riza Arshad, pemusik jazz, dan Ubiet yang dikenal sebagai penyanyi dengan aliran “modern”.

“Grup ini belum punya nama,” kata Ubiet (42), yang bernama lengkap Nyak Ina Raseuki. Ubiet adalah penggagas grup keroncong tersebut sekaligus penyanyinya.

Kelompok ini tengah membuat album yang rencananya berisi 10 lagu. Saat ini baru selesai lima lagu. “Lagu-lagunya campuran, ada lagu baru dan lagu lama yang diaransemen ulang. Dari lima lagu yang sudah direkam, yang dua adalah lagu baru,” ungkap Ubiet pada peluncuran buku Cerpen Kompas Pilihan 2005-2006 di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (28/6).

Membuat album musik keroncong tak mudah. Selain mesti mencari lagu, penyanyi yang lahir di Jakarta dan menghabiskan masa kanak-kanak di Sabang, Aceh, ini juga harus mengusahakan dana. “Bikin lagu kan perlu biaya,” lanjut istri penulis Nirwan Dewanto ini.

Mengapa ingin menyanyikan keroncong? Ubiet menjelaskan, “Saya ingin musik yang populer dan keroncong adalah musik populer Indonesia yang tertua.” Adakah alasan yang lebih baik dari ini? (NMP)

Tinggalkan komentar

Filed under Serba-serbi

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s