Jempol Jenthik Orkes Keroncong

jjokmanggung.jpgJempol Jenthik, dua kata dari bahasa jawa yang berarti ibu jari dan kelingking, kini menjadi nama sebuah Orkes Keroncong. Penggunaan kata jempol jenthik bukanlah tanpa makna. Jempol yang secara fisik dalam jemari tangan merupakan yang terbesar, dirangkaikan dengan Jenthik, jari yang paling kecil. Filosofi yang hendak disampaikan dalam dua kata tersebut adalah untuk bisa mencapai sesuatu yang besar atau bermakna dapat dimulai dengan melakukan hal-hal yang kecil dan sederhana, dengan bermain musik misalnya.

Lalu, siapa bilang keroncong milik orang tua ? Sanggahan itu jelas nampak pada Jempol Jenthik Orkes Keroncong (JJOK!), yang masih bau kencur karena kiprahnya relatif masih baru. Kelompok ini terbentuk pada penghujung tahun 2004. Saat itu, Adi (Bass) dan Bambang (Cello) sedang menikmati teh pada suatu sore. Aroma teh yang harum semakin terasa nikmat ketika terdengar alunan musik keroncong. Tidak jelas siapa yang memulai, secara spontan dan tanpa diberi aba-aba mereka sepakat untuk membentuk sebuah group musik keroncong. Akhirnya, alat-alat keroncong dibeli dan didatangkan langsung dari Solo, pusatnya keroncong.

Berbekal kemampuan bermain gitar ala kadarnya, digawangi Heri dan Maya dan juga Lala pada vokal, Adi (gitar), Bambang (cello), Wiwid (Cuk), Heri (Cak), Danang (Bas), dan anggota tertua tapi terkoboy Kol. Purn. Satoto (Biola), dilatih oleh pejuang keroncong sejati, yang juga purnawiran TNI, Pak Tatang (Flute) serta Pak Dadi (Bisa memainkan 8 alat musik dengan lancar) mulailah mereka rutin berlatih.

Setelah berumur lebih dari 2 tahun, JJOK! beberapa kali mendapat kesempatan manggung. Mulai dari acara Arisan, Kejuaraan Bulu Tangkis, Bazar, Sunatan, Pernikahan, Tunangan, Konser Amal, dll. Anda berminat mengundangnya ? Silahkan hubungi Adi di 08122120419 atau email adi_bangun@yahoo.com.

Tinggalkan komentar

Filed under Profil

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s