Sekilas Tentang Keroncong

Ada yang bilang bahwa keroncong berasal dari Portugis. Salah besar Bung ! Keroncong itu musik asli Indonesia. Memang benar sebagian besar alatnya berasal dari sana. Tetapi coba anda datang ke Portugis, irama keroncong tidak bakal anda jumpai disana. Jadi berbanggalah kita bahwa irama keroncong nan indah itu diramu di Indonesia.

Alat musik yang digunakan di dalam orkes keroncong standarnya ada 7 yaitu  Flute, Biola, Gitar, Cak, Cuk, Cello, dan Bas. Mungkin masih ada yang bingung dengan istilah Cak dan Cuk. Cak itu semacam ukulele dengan senar kawat. Lalu cuk adalah ukulele dengan senar nilon. Bas yang digunakan untuk menunjukan kualitas keroncong asli biasa digunakan Bas Betot. Musik Keroncong asli lebih nyaman di dengar jika akuistik semua.

Jenis musik keroncong itu sendiri ada 3 yaitu Keroncong, Langgam, dan Stambul. Keroncong sendiri terbagi menjadi 2, irama jawa dan irama jakarta. Jika anda ingin mendengar seperti apa bedanya irama keroncong, langgam, dan stambul ? Anda bisa coba cari 3 lagu ini lalu coba dengarkan. Untuk keroncong coba dengarkan Kr. Dewi Murni, untuk langgam coba dengarkan Lgm. Bengawan Solo, sementara untuk Stambul coba dengarkan Stb. Jauh Di Mata. Lalu bagaiman irama Keroncong Jawa dan Jakarta ? Bisa dibedakan dari petikan Cuknya. Kalau gaya Jakarta dipetiknya dengan di genjreng-njreng, sementara untuk gaya Jawa dipetik ala gamelan.

Tinggalkan komentar

Filed under Artikel

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s